seperti air mengalir, seperti angin berhembus..

Sekitar kita

Istri Noordin: Assalamualaikum, Abang Kami Datang…

nmt JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah bertahun-tahun tak bisa menemui suaminya, akhirnya siang ini, Kamis (1/10), Siti Rahmah bisa menemui suaminya, Noordin M Top. Namun, suami yang dirindukannya itu kini hanya bisa ditemui jasadnya.

Noordin M Top tewas mengenaskan dalam penggerebekan Tim Densus 88 Antiteror di Jebres, Solo, beberapa waktu lalu.

Meski suaminya sudah berupa jasad tak bernyawa, nampaknya kerinduan masih tersisa pada istri pertama Noordin M Top ini. Siti yang datang bersama kakak Noordin M Top, Yahya M Top, melihat langsung jenazah suaminya di RS Polri Kramat Jati.

Seperti dituturkan oleh Kabid Kemitraan Luar Negeri Mabes Polri Kombes Zulkarnaen, yang menemani keluarga Noordin melihat jenazah, Siti Rahmah sempat mengucapkan salam saat memasuki ruang penyimpanan jenazah Noordin.

Di ruangan pengawetan dengan suhu yang sangat dingin tersebut, Zulkarnaen mengatakan, Siti terdengar seperti ingin bersilaturahim dengan almarhum suaminya. “Assalamualaikum, Abang kami datang,” demikian seperti dituturkan Zulkarnaen kepada Kompas.com.

Dikatakan Zulkarnaen, kedatangan Siti dan Yahya memang secara khusus untuk melihat langsung jenazah Noordin. “Ya pokoknya silaturahim saja, mau lihat jenazah,” tukasnya.

Sementara itu, untuk pemulangan jenazah, nampaknya Siti masih harus bersabar lagi. Pasalnya, pemulangan jenazah masih harus menunggu jadwal pemberangkatan pesawat terbang untuk kembali ke Malaysia. Sedianya, baru Jumat (2/9), jenazah gembong teroris itu bisa diterbangkan ke Malaysia. “Ya besok. Tunggu jadwal pesawat. Berangkat sekitar pukul 08.00 pagi,” tandas Zulkarnaen.


Mancing mania

Berwisata, refreshing, melepas penat, tak harus memerlukan biaya yang besar. Kegiatan atau hobi bisa jadi salah satu acara yang menyenangkan dan membuat pikiran kembali segar. Salah satunya adalah memancing hehe

Dulu, aku pikir memancing itu adalah kegiatan yang sangat membosankan, karena hanya diam dan menunggu, ga boleh berisik hehe. Baru-baru ini malah gentian aku yang lebih menikmati acaranya dibanding dengan yang ngajak haha.

Emang sih tujuan sebenarnya ga melulu dapet ikan dari hasil pancingan, tapi membuka pikiran, mengendurkan syaraf, menikmati pemandangan sekitar. Hal kecil tapi cukup menyegarkan. Ditambah lagi kalau dapat ikan weleh weleh biarpun kecil2 karena bukan pemancing pro gitu loh, tetep aja seneng banget hihihi..katrooookkk.

Ini tempat2 yang biasa aku kunjungi klo pas mancing :

1. Tambak ikan belakang PT. Rimba Partikel Indonesia (RPI), Mororejo – Kaliwungu – Kendal.

tambak-a9

tambak-a8

Di tempat inilah pertama  kali saya ikut memancing. Lokasinya di tambak sebelah PT. Rimba Partikel Indonesia (RPI) Mororejo, Kaliwungu, Kendal.

tambak-a2

Tempatnya yang teduh bikin betah karena pepohonan yang rindang berjajar disepanjang tambak.

tambak-a7

Selesai persiapan, pancing ditaruh, ditinggal baca deeehh hehe menunggu pergerakan pancing oleh tingkah ikan..

Hmm.. tenang dan adhem liat air sepanjang mata memandang..

2. Tambak Sekitar Pelabuhan Wonorejo Kaliwungu

Kalau tambak ini terletak di sebelah kiri jalan masuk Pelabuhan Wonorejo Kaliwungu, kira2 sekitar 500-an meter dari jalan masuk Pelabuhan Wonorejo Kaliwungu Kendal.

mancing5

Di sini yang diincar adalah ikan mujair. Pelabuhan ini memang tergolong baru, dapat diakses melalui jalan arteri Kaliwungu baik dari arah barat (Karang tengah) atau arah timur (dari arah Mangkang – Semarang).

mancing1

Aku sih malah lebih banyak ambil gambar daripada mancingnya. Biasanya sama temen2 itu suka pada arisan kalo mincing, bukan arisan duit, tapi arisan dapet ikannya.

mancing4

Jadi ikan hasil pancingan dikumpulkan, trus dibawa pulang salah satu dari kita, gentian itu tiap acara mancing hehehe

Duduk di pematang tambak, ditemani angina sepoi2 yang berhembus.. hmm bau udara asin dipadu aroma khas tambak yg rada2 amis oleh hewan2 di dalamnya..

3. Tambak di dekat Pantai Ngebum, Mororejo, Kaliwungu

Nha, kalo ini adalah tambak di dekat Pantai Ngebum, Mororejo, Kaliwungu.

tambak2Dari Kaliwungu kota, masuk lewat Jl. PT. Kayu Lapis Indonesia sampai mentok ke laut. Masuknya dari jalan tambak sebelum pantai ke kiri. Ikan yang banyak dicari di sini ikan blanak, dan ikan2 kecil seperti pensil itu, namanya apa yaa hihi besok aku tanyain dulu.

tambak3

Kadang heran juga, perasaan dapetnya juga jarang, tapi kok rame banget yang mancing di sini. Pada dapet apa ya?? Ato sekedar grubyag-grubyug doang seneng rame2nya kali hehe.


Curug Pangleburgongso – Limbangan

Pulang dari Jogja pas libur lebaran kemaren, iseng2 aku mampir ke salah satu obyek wisata di daerah Limbangan – Boja – Kendal. Namanya Curug Pangleburgongso. Tempat ini emang enggak terkenal, fasilitas yang ada cuman jalan paving selebar 1 meter sepanjang kira2 300 m, selebihnya jalan tanah dengan bebatuan. Selain air terjun, di dekat parkiran ada lapangan yang biasa dipakai untuk camping ground juga.

Mungkin agak berlebihan klo disebut tempat wisata, soalnya cuman berupa air terjun kecil dengan sungai yang mengalir di bawahnya. Akses jalan menuju ke sana juga sangat tidak memadai, karena dari jalan masuk berenti sampai tebing aja, turunnya waaahh berasa hiking sodara2 hehehe tergolong susah buat turun ke air terjunnya. Tapi begitu berendam di dinginnya air sungai pegunungan, swegeeeeerrrrr….

Buat yang tertarik pengen ke sana, akses jalan menuju ke Curug Pangleburgongso bisa ditempuh melalui Boja – Limbangan, atau dari arah Sumowono turun menuju Limbangan. Hanya saja memang untuk angkutan umum di saerah tersebut agaknya jarang. Tempat tersebut bisa jadi salah satu referensi untuk kegiatan perkemahan juga.


Bentengan Goes to School Bangkitkan Permainan Tradisional

suarasurabaya.net|

Permainan anak-anak tradisional semacam petak umpet, gobak sodor, dan benteng-bentengan kini telah tergantikan dengan permainan modern playstation (PS). Sehingga keberadaan permainan tradisional semakin dilupakan. Padahal permainan tradisional mempunyai manfaat tersendiri yang tidak terdapat pada permainan modern.

Karena itulah, mahasiswa Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengelar “Bentengan Goes to School” . Kegiatan ini diawali di Sekolah Dasar (SD) Negeri I dan II Semolowaru Kecamatan Sukolilo Surabaya yang diikuti 100 siswa kelas 5 dan 6.

ZIA ARDHI Ketua Panitia “Bentengan Goes to School” mengatakan kegiatannya akan berkelanjutan dengan Bentengan Competition di ITS Sukolilo Surabaya yang akan digelar pada 12 April mendatang.

Bentengan Competition akan melibatkan peserta perwakilan dari 6 SD Surabaya. Diantaranya SD Al-Mutaqien, SD Hangtuah 6, SDIT Al-Ushuwah, SDN Semolowaru I dan Semolowaru II dan SDN Kapasari I.

“Bentengan Goes to School” merupakan realisasi program kreativitas mahasiswa Teknik Kimia ITS Sukolilo Surabaya dalam wujud pengabdian masyarakat,” kata ZIA ARDHI.

Tambah ARDHI permainan tradisional bentengan merupakan permainan yang mempunyai manfaat soft skill seperti kerjasama, leadership, dan mempunyia pemikiran strategis.

ACHMAD FERDIANSYAH satu diantara pemateri Bentengan Goes to School menegaskan juga permainan bentengan punya manfaat seperti adanya sifat tolong menolong dan leadership yang tidak ditemukan pada permainan modern.

“Pengamatan saya sewaktu memberikan materi, 40% dari 100 peserta memang belum tahu permainan bentengan, karena itu seminarnya saya bikin visualisasi peraminan bentangan,” ungkap ACHMAD FERDIANSYAH SATRIYA MUHAMMAD siswa kelas 5 SDN Semolowaru itu pun mengatakan dirinya memang belum tahu permainan bentengan. Menurutnya yang berkesan dari permainan bentengan adalah mempertahankan benteng untuk kemenangan.(chy/ipg)

Teks Foto:
1. Bentengan bermanfaat melatih kekompakan dalam sebuah tim.
2. Peserta permainan bentengan itu mempertahankan diri dari tangkapan lawan dan harus mempertahankan raja dan bentengnya.

bentengan